Scroll Top

Ekspor ke Jepang, Peluang UKM Tembus Pasar Mancanegara

Jepang merupakan salah satu mitra dagang strategis bagi Indonesia. Jepang telah membuka akses perdagangan melalui perjanjian Indonesia Japan Economic Partnership Agreement dan Free Trade Agreement (IJEPA). Oleh karena itu, laju ekspor ke Jepang pun dapat menjadi maksimal.

Mengutip dari Media Indonesia, dalam perjanjian IJEPA, lebih dari 80% produk yang masuk dalam pos tarif Jepang menikmati tarif nol persen. Contohnya kayu, olahan perikanan, alas kaki, tekstil, perhiasan, furniture, dan lain-lain. 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), nilai perdagangan antara Indonesia dan Jepang meningkat dalam setahun terakhir. Tercatat, nilai ekspor nonmigas dari Indonesia ke Jepang mencapai US$10,46 miliar pada Januari-Agustus 2021. Nilainya meningkat 25,8% dari US$8,32 miliar pada Januari-Agustus 2020. 

Sementara impor nonmigas dari Jepang ke Indonesia mencapai US$9,01 miliar pada Januari-Agustus 2021. Secara tahunan, realisasinya naik 136,56% dari US$7,31 miliar pada Januari-Agustus 2020. 

Jepang merupakan negara tujuan utama ekspor nonmigas Indonesia dengan nilai ekspor mencapai US$16,5 miliar pada 2010. Jepang juga menjadi negara kedua terbesar pemasok kebutuhan impor nonmigas Indonesia setelah Cina. Peluang peningkatan ekspor komoditas nonmigas ini tidak lepas karena wilayah yang terkena gempa dan tsunami merupakan basis pertanian. 

ExportHub.id Menggaet ITPC Osaka untuk Buka Akses Ekspor ke Jepang

ExportHub.id Menggaet ITPC Osaka untuk Buka Akses Ekspor ke Jepang

Berdasarkan pencapaian tersebut, pada Selasa, 14 September 2021, ExportHub.id menggelar pertemuan virtual dengan Indonesian Trade Promotion Center Osaka (ITPC Osaka). Pada pertemuan tersebut terdapat pembahasan mengenai peluang ekspor ke Jepang dengan perekonomian terbesar ketiga di dunia. 

Berdasarkan pertemuan tersebut, terdapat kesimpulan bahwa pihak yang andal dalam meriset pasar, teliti dengan kualitas, harga, dan produk, dibutuhkan Jepang. Untuk itu, ExportHub.id sebagai ekosistem ekspor terintegrasi menyediakan tiga tahapan ketat dalam memilih produk lokal layak ekspor. Hal tersebut agar terdapat menjadi jembatan bagi terealisasinya penetrasi produk Indonesia ke Osaka, Jepang.  

Tiga tahapan yang diimplementasikan yakni seleksi, kurasi, dan inkubasi, agar hanya produk UKM/IKM yang memenuhi standardisasi yang sampai di mancanegara. Setelah melalui tahap pemilihan produk, ExportHub.id menyediakan akses terpadu menuju pasar global agar produk tersebut memenuhi kebutuhan di pasar global. 

Ingin segera menembus pasar Jepang? Bergabung dengan orkestra kami di registration.exporthub.id untuk memulai perjalanan produk lokal Anda mengglobal. [*] AS/ExportHub.id 

Leave a comment